Kamis, 13 September 2012

DID YOU KNOW ???

KOMUNIKASI MERUPAKAN SUATU HAL UNTUK DAPAT MEMENUHI KEBUTUHAN MANUSIA, CARA MANUSIA DALAM BERKOMUNIKASI ADA YANG BERKOMUNIKASI DENGAN KOMUNIKASI VERBAL DAN ADA JUGA YANG BERKOMUNIKASI DENGAN KOMUNIKASI NON VERBAL. NAH, BUKAN HANYA KOMUNIKASI VERBAL AJA LOH COMMERS YANG PUNYA BERAGAM BAHASA YANG BERBEDA DI SELURUH DUNIA. MUST KNOW YAA COMMERS BAHASA NON VERBAL YANG SALAH SATUNYA BAHASA TUBUH INIPUN PUNYA PERBEDAAN ARTI YANG BERBEDA 180⁰ DI SETIAP NEGARA. SO, BETTER YOU CEK THIS ONE UNTUK MENGHINDARI SAAT YANG SUPER DUPER AKAN MEMBUAT ANDA CANGGUNG KETIKA BERHADAPAN DENGAN ORANG ASING.

NODDING HEAD (MENGAGUKKAN KEPALA)

Di banyak negara, menganggukkan kepala berati menandakan kamu menyetujui sesuatu. Tetapi, dinegara Yugoslavia, Bulgaria dan Turki. Ini berarti “tidak”. Well, sangat mengejutkan! Di negara-negara Arab, menggerakkan kepala ke atas satu kali menandakan “tidak”, dan di India menggelengkan kepala merarti “ya”!

EYE CONTACT (KONTAK MATA)

Kebanyakan orang di Amerika melakukan eye contact sebagai tanda kejujuran. Kalau tidak berani memandang mata lawan, dinggap tidak jujur. Berbeda dengan anak-anak di Puerto Rico dan Jepang yang diajarkan untuk tidak memandang mata orang dewasa kerana dianggap tidak sopan. Ini sama yaa seperti kebanyakan masyarakat Indonesia, khususnya suku Jawa. Namun dewasa ini kebanyakan orang Indonesia lebih banyak yang menggunakan seperti budayanya orang Amerika. Sedangkan di negara-negara Arab, pria dan wanita tidak dianjurkan untuk saling menatap satu sama lainnya. Hal ini bisa melanggar hukum agama Islam yang melarang adanya kontak mata antara orang yang bukan sesama jenis kelamin.

LEGS AND FEET

Di Amerika dan beberapa negara Eropa, duduk bersilang dengan pergelangan kaki diatas lutut  yang berarti suatu hal yang dianggap keterbukaan sifat orang tersebut. Tapi jika kamu melakukannya di negara-negara Timur tengah mereka mengartikannya  itu suatu hinaan, duduk dengan pergelangan kaki diatas lutut yang lain dengan menunjukkan ujung sepatu kita kepada orang lain itu dianggap sangat kasar oleh masyarakat di sana.

NOSE (HIDUNG)

di Eropa, memegang hidung dianggap biasa. Lain halnya di Inggis menekan hidung berarti rahasia, sementara di Italia berarti “Hati-Hati”. Orang Eropa menganggap wajar jika membuang ingus di tissue atau di saputangan. Orang Asia lebih suka untuk meludah atau menyedot ingus mereka, karena mereka memikirkan bahwa hal tersebut lebih hygenis dibandingkan hatus membuangnya di sembarang tempat.

MENGACUNGKAN JEMPOL

Di banyak negara, mengangkat jempol berarti iya atau bagus. Bisa juga digunakan sebagai isyarat menumpang kendaraan (seperti yang sering dilakukan si mawar di malam hari di pangkalannya DiSawah Lebar, LOH?!). tapi nih beda jauh banget artinya kalau di Yunani, mengangkat jempol ini sebuah hal yang dianggap hinaan. Bahkan di beberapa wilayah di Timur Tengah. Mengangkat jempol menandakan kamu ingin berhubungan seksual dengan orang yang mengangkat jempolnya untukmu. Waw beda jauh banget yaa artinya? Hati-hati deh commers jangan coba-coba ngacungin jempol ke orang Timur Tengah yaaa.

FINGERS CROSSED

Budaya Barat menggunakan gerakan tubuh ini sebagai tanda pengharapan akan keberuntungan. Tapi, di Vietnam ini bisa dianggap sebagai gerakan tubuh yang megartikan serangan dan tidak senonoh. Terutama jika dilakukan saat bersamaan dengan orang lain atau ditunjukkan kepada orang lain. Di Vietnam jari-jari silang dikatakan menyerupai alat kelamin perempuan iwww, jauh banget yaa bedanya sama oranf Indonesia.

THE OK SIGN

Saat ibu jari dan telunjuk membentuk lingkaran, ini berarti “oke” atau “it’s all right”. Di Jepang itu berarti uang, sedangkan di Perancis berarti nol.

DISPLAYING YOUR PALM

Dibanyak negara bagian Amerika, menampilkan telapak tangan kita itu berarti “stop” atau “talk to my hand.” Tapi di Yunani, menampilkan telapak tangan Anda kepada orang lain adalah sikap yang sangat menghina.

V SIGN

Banyak orang yang suka sekali berfoto atau bertemu dengan orang lain lalu membentuk huruf v. Negara-negara di Eropa mengartikan tanda V ini sebagai tanda kemenangann(Victory) atau di negara Amerika mengartikan sebagai tanda perdamaian (Peace). Tapi di Australia tanda V berarti “terserah kamu.”

HANDS

Banyak gerakan non verbal yang bisa kita lakukan menggunakan tangan. Contohnya untuk memanggil orang, ataupun sebagai tanda perpisahan. The American “goodbye”wave, bisa diartikan di banyak negara sebagai pengganti kata tidak. Tapi lain halnya di Italia, yang berarti memanggil seseorang untuk mendatanginya.(**)

0 komentar:

Posting Komentar