Senin, 02 Januari 2017

Bengkulu Siap Bersaing

Sebagai negara maritim terdiri dari beribu pulau dan dikelilingi perairan yang sering kita sebut Lautan, Samudra dan Pantai. Termasuk salah satu didalamnya Provinsi Bengkulu, dimana provinsi yang memiliki batas luas      (14. 482 Ha)    memiliki beragam jenis pantai diantaranya Pantai Pasir putih, Pantai Kualo, Pantai Jakat dan Tapak Padri. Pantai ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi provinsi jika dikelola dengan baik bagi pemerintahan kota. Dari pantai ini provinsi bisa mendapatkan omset penghasilan yang cukup tinggi dan menjadi peluang bisnis yang dapat mengurangi pengangguran jika pemerintahan memberikan perhatian terkhusus untuk bidang pariwisata. Sehingga provinsi Bengkulu dapat meningkatkan kesejatraan masyarakat dibidang ekonomi dan sosial.

 Untuk merubah semua itu bukan hanya dari pemerintahannya saja tetapi masyarakat harus lebih jelih terhadap pemasalahan seperti ini, bias dimulai dengan jangan membuang sampah sembarangan dipantai dan gontong royong membersihkan sampah yang bersebaran dipantai tetapi masyarakat masih belum terlalu peka terhadap wisata yang ada diBengkulu, adanya kelompok pencinta kebersihan pantai akan lebih membantu dalam membersihkan pantai tetapi di kota Bengkulu ini belum ada kelompok seperti ini dikarenakan belum ada kesadaran dari diri masyarakat sangat disayangkan sekali pemberian Tuhan tidak terawat karena pemerintahan tidak dapat mengelolanya dengan baik sehinga kondisinya pun seperti ini yang sudah kita ketahui sampah dimana-mana, warung-warung seperti gubuk berjejeran, oleh karena itu jika pengunjung yang berdatangan ke pantai Bengkulu akan sangat kecewa jika melihat pantai yang kotor. Padahal juga terdapat fasilitas dipantai ini tetapi kondisinya pun juga sangat memprihatinkan.

Seharusnya pemerintahan juga bisa meniru pantai Indrayanti (Yogyakarta) dimana pemerintahannya memberlakukan adanya aturan denda sebesar Rp. 10.000,. kepada siapapun yang terbukti membuang sampah sembarangan. Jikakita sudah mengikuti langkah seperti itu maka kecil kemungkinan masyarakat ataupun wisatawan membuang sampah sembarangan, tetapi jangankan untuk memberlakukan aturan seperti itu untuk mengelolahnya saja masih belum bisa maksimal, pemerintahan harus lebih tegas dalam mengambil sikap untuk pariwisata ini karena dampaknya sangat besar bagi perekonomian masyarakat, banyaknya pengangguran dimana-mana membuat kota Bengkulu dijuluki kota miskin, padahal Bengkulu merupakan kota yang memiliki banyak pariwisata, dan tambang batu bara dan hasil panen nelayan, tetapi mengapa masih dikatakan miskin? Karena semua itu tidak dikelola dengan baik. Tidak ada kerjasama yang baik antara masyarakat dan pemerintahan.

Jika Pariwisata diBengkulu sudah tertata dengan baik khususnya pantai tidak menutup kemungkinan Bengkulu bisa siap untuk bersaing dengan provinsi lainnya. Apalagi sekarang indonesia akan menghadapi MEA (Mayarakat Ekonomi Asean) sebuah integrasi ASEAN dalam menghadapi perdagangan bebas antarnegara-negara ASEAN, dalam menghadapi persaingan yang ketat ini Bengkulu haruslah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil, keterampilan ini seharusnya lebih dahulu diterapkan untuk pariwisata Bengkulu terutama pantai. Jika kita lihat provinsi lainya yang sekarang lagi gencar mengembangkan pariwisata contohnya kota Denpasar, Bali yang terkenal indah dengan pantai kuta yang sangat indah, bersih dan berpasir putuh dengan ombak yang panjang dan tempat surfing terbaik banyak menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sekarang giliran kita mengembangkan potensi untuk menarik minat wiatawan domistik dan mancanegara untuk berwisata kedaerah Bengkulu, pantai Bengkulu tidak kalah menarik dengan pantai kuta bali, pantai Bengkulu juga berpasir putih dan sangat panjang tetapi Bengkulu masih belum gencar dalam membudidayakan pariwisata sendiri, jika kita sudah mencintai wisata sendiri dan membersikan serta merawat dengan baik pantai bengkulu selain menghasilkan devisa untuk yang besar untuk negara. Provinsi kita menjadi terkenal dengan pariwisatanya. Bagaimana tertarikkah kalian? Kita bersama membangun peluang bisnis dan memperbaharui citra pantai kita menjadi pantai yang berdaya jual tinggi untuk wisatawan, keuntungan yan paling bear adalah Kota Bengkulu bisa dikenal dimana-mana.

            Pantai Malboro salah satu yang terdapat di provinsi Bengkulu, pantai ini bisa menyambungkan kita pada satu pulau kecil ditengah laut yaitu pulau tikus. Tetapi transportasi untuk menuju kepulau tikus masih minim dan membuat wisatawan tidak nyaman dalam perjalanan, dalam ekspetasi wisata membayangkan pantai yang memberi kenikmatan tersendiri tetapi kenyataannya berbeda biota laut yang ada dipulau tikus sangat sedikit bahkan hamper punah ditambah dengan karang-karang laut yang sudah tidak di ambil dan di perjual belikan oleh opnum yang tidak bertanggung jawab dan untuk terumbu karang menjadi indah lagi membutuhkan waktu yang lama. Tetapi kita harus memgelola Pulau kecil yang indah ini jika dibersihkan dari sampah ranting kayu, bungkusan makanan dan  menjaga biota-biota laut. ini akan menjadi pantai yang indah untuk dikunjungi wisatawan. Dan dipinggir-pinggir jalan dibangun cendera mata seperti gantungan kunci, topi, kaos, kemeja yang bertuliskan “1 Love Bengkulu” atau “Bengkulu is the best place”. Dengan cindera mata semacam ini bisa menimbulkan kenangan manis dihati wisatawan domistik atau mancanegara.

            Membangun Failitas seperti wisma atau hotel berbintang didekat pantai dan transportasi yang aman dan nyaman. Adanya Gazebo untuk parah wisatawan bersantai menikmati keindahan pantai dan permainan Jet Sky yang bisa disewa oleh para wisatawan untuk menikmati pantai dengan cara berbeda. Payung untuk berteduh yang berjejeran, terdapat juga lokasi untuk laying-layang dan  Memperbanyak delman atau kuda seperti yang ada diarea pantai Pasir putih dan Membuka restoran yang bersih untuk wisatawan bukan hanya warung-warung  pinggiran yang seperti sekarang, jika tempatnya nyaman makanannya enak itu akan menambah daya jual dari suatu makanan dan minuman, tentunya menambah penghasilan bagi masyarakat bengkulu apalagi banyaknya jenis makanan dibengkulu apabila dikelola dengan baik akan menambah nilai jual, misalnya hasil tanggapan dari nelayan bisa dikelola menjadi masakan yang mengugah selera para wisatawan menjadi rindu akan masakan ciri khas Bengkulu.

Kenyamanan dan kepuasan wisatawan akan menambah nilai lebih untuk wisata kita, wisatawan juga bisa berfungsi dalam media promosi karena jika wisatawan merasa puas terhadap wisata yang ada di Bengkulu dia akan memberitahukan kepada orang lain bahakan menyarankan orang tersebut untuk berwisata ke pantai Bengkulu. Banyaknya promosi yang diberikan oleh wisatawan akan menambah nilai lebih kota Bengkulu dimata wisatawan domistik maupun mancanegara.

Yang terakhir adalah media promosi dimana promosi pantai Bengkulu ini sangat membantu wisata dikenal semua orang, tetapi pemerintahan tidak mementingkan media promosi karena kepentingan tersendiri,  Karena media promosi itu sangat dibutuhkan bukan hanya promosi di iklan tetapi promosi wisatawan sangat berpengaruh sekali dengan wisata yang ada. Promosi juga bisa dilakukan oleh masyarakat Bengkulu mulai dari promosi di Media sosial misalnya facebook, twitter, Instagram, dan sebagainya. Dengan semua masyarakat dan pemerintahan bekerja sama dengan baik tidak ada tidak untuk bangkit membangun pariwisata kota Bengkulu. Kita bersama-sama membangun kota Bengkulu menjadi kota idama, kota imipian yang diharapkan oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Jika Pantai Bengkulu bisa menghasilkan omset yang besar mengapa tidak dicoba.

0 komentar:

Posting Komentar