Kamis, 26 Oktober 2017

Keunikan Tradisi Tabut Sebagai Pesta Rakyat Kota Bengkulu


Description: C:\Users\LelaMagrifoh\Downloads\2017-10-02-PHOTO-00000018.jpg

Tabut adalah salah satu tradisi yang dimiliki dan dipercayai oleh warga kota Bengkulu. Tabut digambarkan dengan adanya sebuah perayaan yang diberlangsung selama 10 hari yang dimulai pada tanggal 1 muharram. Selain sebagai tanda penyambutan tahun baru islam, tabut juga diadakan untuk memperingati wafatnya Imam Hussain, cucu Nabi Muhammad Saw yang meninggal di Karlaba, Irak.
Setiap tahunnya Festival Tabut disambut baik oleh masyarakat bengkulu. terbukti dengan banyaknya kunjungan masyarakat setiap harinya terutama di malam hari. Festival yang diadakan setahun sekali ini banyak dimanfaatkan oleh masyrakat bengkulu untuk meraup keuntungan dengan menjajahkan berbagai macam dagangan mereka, mulai dari makanan, baju, sandal bahkan tas, serta pernak pernik khas tabut seperti gantungan kunci, gelang, kacamata dan lainnya. Tidak hanya berupa barang tentunya pengunjung akan disajikan dengan berbagai macam jajanan tradisional dari daerah kota bengkulu ataupun dari luar kota bengkulu.
Bagi pemerintah festival tabut ini akan menambah pendapatan daerah, ditandai dengan adanya pertambahan wisatawan asing dan mancanegara yang datang dan menyaksikan rangkaian acara dalam festival tabut yang ada tentunya akan dengan mudah menarik pengunjung dari luar kota bahkan luar negeri untuk datang dan menyaksikan festival ini. “ini kunjungan pertama saya ke bengkulu, karena kemaren saya liat foto teman saya sedang berada di sini, sedang menyaksikan pembukaan dari festival ini, ramai sekali dan ada banyak sanggar yang ikut memeriahkan festival ini, warga sangat kompak dalam acara ini, salut.” ujar Maria salah satu pengunjung yang berasal dari kalimantan.


0 komentar:

Posting Komentar